Ingin Melakukan Pinjaman di Fintech? Perhatikan Hal Ini

Ingin Melakukan Pinjaman di Fintech? Perhatikan Hal Ini

3 min read

Saat ini banyak orang yang tidak mau ribet dan menunggu terlalu lama untuk melakukan urusan apapun, termasuk dalam urusan ekonomi maupun finansial. Dan fintech (financial technology) kini hadir menjawab tantangan zaman yang seperti itu.

Ada banyak perusahaan fintech yang saat ini mulai berkembang di Indonesia dengan berbagai macam fitur dan layanan yang ditawarkan seperti pinjaman online, pembayaran virtual, dan investasi.

Namun sayangnya dari sekian banyak perusahaan fintech masih ada beberapa perusahaan yang ternyata tidak bisa dipercaya sepenuhnya. Masih ada perusahaan fintech ilegal yang harus kamu waspadai.

Agar terhindar dari hal tersebut, sebaiknya pahami beberapa tips berikut ini sebelum memilih perusahaan fintech untuk melakukan transaksi keuangan.

Cek legalitas perusahaan

Hal utama yang wajib kamu lakukan sebelum melakukan transaksi keuangan di perusahaan fintech ialah cek terlebih dahulu legalitas perusahaan tersebut. Minimal perusahaan tersebut sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Nah, jika dikemudian hari terjadi masalah atau kamu merasa dirugikan hal tersebut bisa kamu laporkan melalui situs resmi OJK terkait pengaduan di https://konsumen.ojk.go.id/formpengaduan.

Cari tahu profil perusahaan

Perusahaan fintech yang ilegal dan tidak memiliki niat buruk tentu tidak akan menyembunyikan identitasnya. Oleh sebab itu penting bagi kamu untuk mengetahui terlebih dahulu alamat perusahaan, nomor kantor, dan pemilik perusahaan tersebut. Jika memungkinkan kamu juga bisa menggali informasi atau testimoni dari pengguna lain.

Membandingkan antar perusahaan

Sebelum menentukan pilihan kamu juga wajib membandingkan antar perusahaan fintech. Biasanya yang paling perlu dicermati ialah pada suku bunga dan jangka waktu pinjaman. Selain itu kamu juga perlu mawaspadai persyaratan terkait data yang digunakan untuk registrasi. Biasanya yang digunakan hanya meliputi nomor telepon, NIK, dan email saja.

Tidak sembarangan menginstal aplikasi

Ini juga sangat wajib untuk kamu ketahui. Sebagai perusahaan fintech ilegal biasaya tidak memiliki aplikasi yang bisa di dwonload di Play Store maupun App Store, melainkan mereka hanya mengirim link melalui SMS maupun WhatsApp untuk mendownload.

Itulah beberapa hal yang wajib kamu tahu sebelum melakukan pinjaman di fintech.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *