Rekomendasi Laptop Bisnis Terbaik 2022 – ASUS Business

Rekomendasi Laptop Bisnis Terbaik 2022 – ASUS Business


Di zaman serba modern dan canggih, beberapa orang memerlukan laptop bisnis terbaik yang canggih untuk membantu pekerjaan menjadi lebih mudah. Salah satunya ialah Handphone dan Laptop. Bisnis terbaik yakni usaha yang dapat mengikuti perkembangan teknologi, dengan kedua benda tersebut nyatanya memberikan berbagai kemudahan untuk semua orang. Sebagai salah satu alat untuk berbisnis, Laptop merupakan pilihan yang lebih efektif daripada seperangkat komputer.

Kenapa bisa dikatakan lebih efektif daripada PC komputer, karena laptop memiliki beberapa keunggulan yang pastinya mempermudah pengguna dalam berbagai hal.

Keunggulan Laptop Bisnis

Apa saja keunggulan dari laptop terutama dalam keperluan bisnis, diantaranya :

1. Portabel

Gadged satu ini dirancang lebih simple, minimalis, karena bila dibandingkan PC komputer yang mempunyai beberapa perangkat keras yang lebih komplek, yakni harus ada keyboard, mouse, CPU dan harus stay dimeja, jadi susah untuk dipindah – pindah.

Berbeda dengan laptop yang memiliki semua perangkat keras langsung jadi satu dalam satu set, didesain seminimalis mungkin, body tipis, dan cukup ringan sehingga mudah untuk dibawa, dilipat, dipangku ataupun dipindah – pindahkan.

2. Hemat Listrik

Bila dibandingkan dengan PC / Komputer dekstop yang harus selalu terhubung dengan listrik selama penggunaannya, Laptop memiliki baterai tersendiri seperti pada handphone yang dapat menyimpan daya sehingga tanpa harus dicolokan kelistrik secara terus menerus, laptop bisa digunakan dalam jangka waktu tertentu. Konsumsi listrik pada laptop juga tidak sebesar pada PC, sebab laptop memiliki komponen yang lebih kecil bila dibandingkan dengan PC.

3. Praktis dan Lebih nyaman

Karena laptop memiliki body yang lebih kecil, dan beratnya sekitar 2-3kg jadi lebih praktis dibawa dan digunakan dimanapun. Body laptop yang kecil juga lebih nyaman karena tidak terlalu banyak makan tempat.

Laptop sudah menjadi hal yang umum digunakan dan dibutuhkan oleh berbagai kalangan baik yang masih sekolah ataupun yang sudah bekerja. Namun memilih laptop juga tidak bisa sembarangan, walaupun banyak beredar berbagai merek laptop dipasaran. Sebaiknya sebagai pengguna Anda harus lebih jeli dalam memilih laptop yang akan Anda gunakan.

Cara Memilih Laptop Bisnis Terbaik 2022

Karena memilih laptop tidak bisa sembarangan, Anda sebaiknya memperhatikan beberapa hal sebelum membeli laptop. Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai berikut :

1. CPU

CPU adalah kepanjangan dari Central Processing Unit. CPU ini yakni salah satu bagian terpenting dari laptop karena CPU merupakan otak dari komputer. CPU memiliki pengaruh yang besar pada kinerja dari suatu komputer atau laptop.

Memilih CPU pada laptop juga disesuaikan dengan apa yang ingin Anda lakukan. Karena setiap prosessor Intel Core menawarkan kinerja yang baik dalam berbagai hal, baik dalam hal multimedia ataupun multi-tasking. Semakin tinggi generasi dan spesifikasi CPU maka akan semakin bagus tingkat kinerjanya.

Semakin tinggi angka core semakin bagus pula kinerjanya, dan tentunya semakin mahal pula harganya. Dalam sistem entry-level biasanya menggunakan Laptop atau Notebook dengan Core i3, sedangkan untuk komputer mainstream biasanya memilih Core i5.

Namun apabila Anda memiliki tingkat aktifitas yang cukup berat, alangkah baiknya memlikih Laptop dengan Core yang lebih besar dari i5, Anda bisa memilih Core i7, atau Core ill (Intel 11th Gen CPUs)

2. Baterai

Kapasitas baterai juga merupakan hal yang penting, tergantung dengan Anda yang mau menggunakan. Apabila Anda ingin memiliki laptop dengan daya tahan yang lama dan tidak sering colok – colok listrik. Anda bisa melihat pada peringkat baterai dalam milliamp-jam / mAh atau Watt-jam / Wh.

Contohnya, apabila laptop yang akan dibeli memiliki peringkat dari 44Wh hingga 50Wh berarti laptop tersebut memiliki daya tahan yang baik. Karena semakin besar angka – angka tersebut, semakin besar dan lama pula tingkat baterai akan bertahan.

Selain kapasitas baterai, hal yang tidak kalah penting juga yaitu pengisian baterai. Tidak berbeda halnya dengan Handphone atau Smartphone, sekarang banyak laptop yang mendukung Fast Charge atau pengisian baterai dengan cepat. Laptop yang mendukung Fast Charge menjadi salah satu keunggulan apabila Anda dalam keadaan genting atau darurat.

3. RAM

Apabila Anda sedang melakukan berbagai aktifitas dengan laptop, semua aktifitas tersebut harus muat dalam RAM. Karena RAM merupakan memori akses acak yang digunakan oleh laptop untuk menyimpan data sementara dari prosesor yang telah melakukan berbagai aktifitas.

Jika Anda merupakan pengguna laptop yang aktif, dengan berbagai aktifitas yang berat sebaiknya gunakan RAM yang besar. Karena apabila RAM laptop yang Anda gunakan terlalu kecil, sedangkan aktifitas yang Anda gunakan tidak muat ke dalam RAM, Anda akan kesulitan dalam menyelesaikan pekerjaan atau melakukan aktifitas yang lain. Dan mengharuskan laptop untuk di restart karena kemungkinan laptop akan nge-Hang.

Untuk idealnya laptop sekarang memerlukan RAM sebesar 8GB, namun apabila pekerjaan Anda menuntut lebih bisa memilih RAM 16GB. Namun beberapa orang menganggap RAM 16GB, 32GB hingga 64GB sudah lebih dari cukup untuk digunakan.

4. SSD atau HDD

SSD / Solid State Drive yang merupakan hardware yang berfungsi untuk menyimpan berbagai data, disimpan dalam sebuah microchip. Sedangkan HDD / Hard Disk Drive / Hard Disk adalah hardware untuk menyimpan data dengan tenaga mekanis yang menggunakan piringan berputar.

Untuk penyimpanan SSD dan HDD mana yang lebih baik? tidak ada jawaban yang mutlak benar untuk pertanyaan tersebut. Karena baik penyimpanan SSD atau HDD memiliki keunggulan dan kelemahan masing – masing.

Untuk pengambilan keputusan menggunakan SSD atau HDD, Anda harus mengevaluasi terlebih dahulu kebutuhan, aktifitas apa saja yang Anda perlukan dalam penggunaan laptop. Sesuaikan juga dengan Budget Anda. Karena nyatanya harga SSD per gigabytenya masih lebih mahal bila dibandingkan dengan HDD.

Laptop Bisnis Terbaik 2022

Namun, jika Anda ingin memiliki laptop bisnis terbaik maka perlu digaris bawahi pada ASUS ExpertBook dengan mempertimbangkan kecepatan tanpa memikirkan budget, maka laptop dengan SSD menjadi salah satu pilihan terbaik untuk memilih laptop. Tapi tidak menutup kemungkinan ada beberapa laptop bisnis yang menggunakan dua penyimpanan SSD dan HDD.

Setelah mengetahui beberapa yang harus diperhatikan dalam memilih laptop. Apabila Anda masih bingung dalam memilih laptop yang akan dibeli. Beberapa rekomendasi dari ASUS Business sebagai salah satu bahan pertimbangan Anda. Beberapa laptop bisnis yang bisa Anda pilih :

1. ASUS ExpertBook B1 B1400

ASUS ExpertBook B1 ini dirancang menjadi salah satu laptop bisnis yang bisa Anda gunakan untuk berbagai kegiatan sehingga pekerjaan lebih produktif. Karena laptop ASUS ExpertBook B1 merupakan laptop bisnis yang tergolong tipis dan juga ringan, beratnya hanya sekitar 1,45 kg, sehingga memudahkan untuk membawanya kemanapun.

ASUS ExpertBook B1 B1400
ASUS ExpertBook B1 B1400 – foto : asus.com

Selain itu, laptop bisnis ini mempunyai penyimpanan ganda yakni HDD 2 TB, dan SSD mencapai 1 TB ultra cepat. Kombinasi ini merupakan kombinasi yang sempurna karena akses data Anda akan memiliki kapasitas penyimpanan yang besar dengan kecepatan yang tinggi.

Cocok juga untuk aktifitas yang berat karena ASUS ExpertBook B1 dilengkapi dengan prosesor Intel® Core™ Generasi ke-11, memorinya mencapai 48GB, selain itu ASUS B1 ini memastikan laptop Anda memiliki koneksi yang stabil dan juga kokoh karena memiliki support Wifi 6, dan yang paling keren juga ASUS B1 dilengkapi dengan teknologi peredam bising AI yang sangat mutakhir.

2. ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402, 11th Gen Intel)

ASUS ExpertBook B3 merupakan salah satu pilihan laptop bisnis karena memiliki kemampuan untuk diposisikan dalam berbagai cara. Sebab ExpertBook B3 dilengkapi dengan engsel 360° yang memudahkan para pengguna dalam melakukan berbagai aktifitas, sangat fleksibel sehingga bisa dinaikkan membentuk seperti tenda, atau dibalikkan sepenuhnya sehingga pengguna dapat membuat catatan dengan mode tablet.

ASUS ExpertBook B3 Flip B3402 11th Gen Intel
ASUS ExpertBook B3 Flip B3402 11th Gen Intel – foto : asus.com

ASUS ExpertBook B3 Flip juga dilengkapi beberapa perangkat seperti prosesor Intel Core i7 Generasi ke-11, memorinya mencapai 48 GB sebab ExpertBook yang satu ini dilengkapi dengan memori onboard serta slot SO-DIM, selain itu dilengkapi juga dengan intel Wifi 68 yang membuat laptop bisnis ini menjadi laptop yang idam-idamkan beberapa orang, karena mensupport dan memudahkan pengguna dalam melakukan berbagai aktifitas yang berat.

3. ASUS ExpertBook B5 Flip (B5302F, 11th Gen Intel)

ASUS ExpertBook B5 Flip juga dilengkapi dengan engsel 360°, jadi bisa digunakan dalam mode tablet ataupun mode tenda. beratnya hanya sekitar 1,3kg sangat ringan sehingga mudah dibawa kemanapun. Memiliki teknologi audio Two-way AI noise-canceling, yakni teknologi peredam bising AI dari dua arah jadi apabila Anda sedang dalam aktifitas zoom bisa menggunakan fitur ini untuk menghilangkan kebisingan suara dari lawan bicara.

ASUS ExpertBook B5 Flip B5302F 11th Gen Intel
ASUS ExpertBook B5 Flip B5302F 11th Gen Intel – foto : asus.com

Selain itu Laptop bisnis yang satu ini merupakan salah satu laptop bisnis terbaik karena memberikan masa pakai baterai yang cukup lama yakni sekali pengisisan daya dapat digunakan hingga 12 jam pemakaian. Untuk pengisian daya juga tidak memerlukan waktu yang terlalu lama atau fast charge hanya butuh waktu kira2 39 sampai 40 menit untuk mengisi hingga 60%.

ASUS ExpertBook B5 menggunakan prosesor Intel Core i7 Generasi ke-11 dengan grafis Iris Xe, sehingga memberikan dan membantu kinerja grafis yang cukup responsif dan cepat. Selain itu Intel Wifi 6 yang supercepat membantu Anda dalam mendapatkan jaringan yang stabil. ASUS ExpertBook yang satu ini jua menyediakan kapasitas penyimpanan ganda yang besarnya mencapai 1 TB, dan meningkatkan operasi lebih cepat karena didukung dengan teknologi RAID (Redundant Array of Independent Disks).

Sebenarnya masih banyak produk – produk laptop bisnis yang ASUS tawarkan, apabila Anda tertarik untuk melihat produk yang lain, Anda bisa mampir ke situs web dari ASUS Business. Jangan ragu karena produk dari ASUS merupakan salah satu produk laptop bisnis terbaik yang patut Anda pertimbangkan.

Karena untuk melakukan berbagai aktifitas yang aman dan nyaman memerlukan perangkat yang mendukung, oleh sebab itu Anda perlu menggunakan produk yang mempunyai keunggulan serta produk yang menawarkan berbagai fitur cerdas untuk menunjang perkerjaan.

Baca Juga