4 Fakta Menarik Tentang Menara Eiffel

4 Fakta Menarik Tentang Menara Eiffel

Berada di negara Prancis menara Eiffel merupakan ikon dari Kota Paris, rasanya pun kurang lengkap jika kamu berwisata ke kota tersebut namun tidak mengunjungi ke sana. Entah dari mana mulanya menara tersebut seringkali dijadikan sebagai tempat untuk mengabadikan momen cinta bagi sepasang kekasih.

Pemandangan kota yang indah dan tingginya menara Eiffel yang menakjubkan seringkali menjadikan tempat tersebut sebagai spot foto bagi wisatawan. Namun tahu kah kamu, dibalik tingginya dan kemegahannya ada beberapa fakta menarik yang belum banyak orang tahu.

Nah, berikut ialah beberapa hal menarik yang ada di menara Eiffel.

1. Memiliki 20 ribu lampu

Bangunan yang super megah dan tinggi tersebut ternyata dihiasi dengan 20 ribu lampu yang hanya dinyalakan setiap 5 menit sekali pada waktu malam hari saja. Bahkan diwaktu tertentu kamu bisa menyaksikan indahnya pertunjukan cahaya lampu, namun sayangnya keindahan tersebut dilarang untuk di foto dan di publikasi tanpa izin. Dan yang lebih menarik pertunjukan lampu tersebut dianggap sebagai karya seni yang dilindungi oleh hak cipta.

2. Dikunungi jutaan orang saat awal pembukaan

Saat pertamakali selesai dibangun dan diresmikan pada tahun 1889 menara Eiffel langsung dikunjungi oleh 2 juta wisatawan lebih. Bahkan hingga saat ini menara tersebut tidak pernah sepi dari pengunjung.

3. Menjadi bangunan tertinggi di Dunia

Memiliki ketinggian hingga 300 meter, saat pertama kali selesai dibangun menara tersebut sempat memecahkan rekor sebagai bangunan tertinggi di Dunia. Hal tersebut bertahan hingga tahun 1930, yakni ketika New York selesai membangun menara Chrysler dengan ketinggian 319 meter. Namun saat ini semua orang pun tentu sudah tahu, bahwa bangunan tertinggi di Dunia ada di Dubai yakni Burj Khalifa.

4. Pernah di cat ulang hingga 18 kali lebih

Meskipun memiliki bangunan yang super tinggi namun faktanya menara Eiffel sudah pernah di cat ulang hingga 18 kali lebih. Sebelum berwarna coklat metalik seperti saat ini, menara Eiffel pernah memiliki warna merah kecoklat-coklatan, kuning ochre, dan coklat gelap.

Itulah beberapa keindahan bangun tertinggi di pusat Kota Paris.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *