Cara Merawat Hp Android Agar Tidak Cepat Rusak

Cara Merawat Hp Android Agar Tidak Cepat Rusak


Saat ini smartphone sudah menjadi kebutuhan bagi banyak orang. Fungsi dari smartphone atau hp android tidak hanya sebatas untuk bertukar informasi saja. Namun lebih dari itu, hp android juga dimanfaatkan sebagai sarana untuk pemesan transportasi, order makanan, dan aktivitas keuangan digital.

Mengingat pentingnya smartphone 2021 yang kamu miliki, apa lagi jika terdapat data terkait transaksi keuangan secara digital yang terekam di dalamnya, tentu kamu tidak mau smartphone tersebut mengalami masalah atau rusak. Maka dari itu kamu harus tau bagaimana sebetulnya cara merawat hp android agar tetap awet.

Dan berikut ialah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat hp android agar awet hingga bertahun-tahun.

1. Perhatikan kondisi baterai

Langkah pertama untuk merawat hp ialah dimulai dari baterainya terlebih dahulu, jangan biarkan baterai hp menjadi terlalu panas sebab penggunaan yang lama. Selanjutnya kamu juga perlu mengisi baterai sebelum benar-benar habis, jangan menunggu hingga hp mati total.

Matikan hp saat pengisian baterai, berikan kesempatan pada hp untuk istirahat secara total. Kamu bisa melakukan pengisian baterai pada waktu malam hari saat kamu istirahat atau tidur, sehingga hal tersebut juga tidak menggangu aktivitasmu yang menggunakan hp.

Namun alangkah baiknya jika kamu tidak melakukan charging dengan posisi handphone diatas kasur, sedangkan kamu sudah tertidur. Sudah banyak kasus ketika mengalami pengisian tersebut menjadi panas dikarenakan dibawah handphone itu ialah kasur, yang mana akan menyerap dan mempertahankan panas.

Selain itu juga sangat tidak dianjurkan melakukan charging smartphone dibarengi dengan aktifitas berat pada handphone, misalnya mengisi batere sekaligus main game. Tidak sedikit anak-anak di Indonesia yang harus dibawa kerumah sakit karena gadget mereka meledak, akhirnya anak tersebut mengalami luka yang tidak ringan.

2. Menggunakan pelindung dan anti gores

Hampir seluruh smartphone android menggunakan layar full screen sehingga lebih lawan pecah ketika jatuh atau terjadi benturan. Untuk menghindari hal tersebut kamu bisa memasang screen protector yang bagus atau yang lebih sering disebut dengan anti gores. Sedangkan pada bagian bodi hp kamu juga perlu menggunakan pelindung atau soft/hard case.

Penggunaan anti gores sangat membantu sekali dalam menanggulangi kerusakan pada layar handphone 2021, terlebih lagi layar yang pasti akan terlihat buram karena gesekan. Karna itulah gunakan tempered glass alias anti gores yang bagus.

Tidak ada salahnya kamu menggunakan softcase atau hardcase, tapi dengan penggunaan ini hawa panas tidak bisa keluar dengan sempurna. Karenanya harus sadar diri, jika sudah terasa hangat jangan dipaksa untuk digunakan kerja berat seperti main game.

3. Tidak sembarangan mendownload aplikasi

Seperti yang terjadi pada PC atau laptop, virus juga bisa berupa kode yang dikirim melalui aplikasi yang kamu download di smartphone. Untuk menghindari hal tersebut usahakan untuk mendownload aplikasi hanya di toko resmi saja seperti Google Play Store.

Selain merusak sistem kerja smartphone virus juga biasanya digunakan untuk pencurian data pribadi dan penyalahgunaan untuk pembelian produk.

Cukup banyak aplikasi yang secara diam-diam bisa menginstall aplikasi lain yang mengakibatkan HP android kita penuh dengan aplikasi, bahkan muncul iklan secara tiba-tiba. Ini bisa menjadi tanda-tanda smartphone android 2021 kamu sudah terinfeksi oleh malware, karenanya jangan download sembarangan.

Itulah tips atau cara merawat hp agar tidak mudah rusak, dengan pengetahuan lebih tentang perawatan gadget maka kamu pasti akan memiliki HP yang awet serta tahan lama. Semoga bermanfaat!

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *