Cara Cek Nomor Telepon Siapa Lewat Aplikasi

Cara Cek Nomor Telepon Siapa Lewat Aplikasi


Ada banyak cara dan strategi penipuan yang harus kamu waspadai akhir-akhir ini. Salah satu cara penipuan yang terbaru adalah lewat telepon. Supaya kamu nggak kena tipu dan mengalami kerugian, mending kamu cari cara deh buat mencegahnya.

Pada Desember 2021 ini dilaporkan lebih ada 100 kasus penipuan per hari, karenanya kamu harus selalu waspada dengan tindak kejahatan tersebut. Seiring perkembangan teknologi 2021 yang pesat, para pelaku sudah menggunakan cara modern dalam menipu calon korbannya.

Paling sering yakni dengan penipuan berkedok salah transfer yang ujung-ujungnya minta kode OTP yang dikirimkan melalui sms, jika kamu lengah memberikan kode tersebut maka data alamat disalah gunakan oleh pelaku.

Cara Cek Nomor Telepon 2021

Caranya gimana? Kamu bisa cek nomor telepon siapa yang menelepon ke HP kamu lewat beberapa aplikasi di bawah ini:

Aplikasi Get Contact

Aplikasi GetContact mod apk 2021
Aplikasi GetContact mod apk 2021
Cara cek nomor telepon siapa yang pertama bisa lewat aplikasi Get Contact. Pertama-tama kamu harus download aplikasinya dulu. Baru kemudian pakai aplikasinya untuk melacak nomor telepon siapa yang barusan menelepon kamu. Aplikasi ini memungkinkan kamu tahu ID penelepon walaupun nomornya nggak tersimpan di kontak kamu.

Nah, yang paling menarik dari aplikasi Get Contact adalah ada filter telemarketer dan penipuan yang bisa diaktifkan buat melindungi kamu dari panggilan telepon orang-orang yang iseng. Kamu nggak perlu ragu! Menurut data di tahun 2020 saja, aplikasi ini mampu memblokir sekitar 500 juta panggilan telepon iseng.

Aplikasi Trapcall

Aplikasi TrapCall mod apk 2021
Aplikasi TrapCall mod apk 2021
Selanjutnya ada aplikasi Trapcall. Bedanya aplikasi ini sama aplikasi sebelumnya adalah kamu harus merogoh kocek buat memakai Trapcall. Kalau mau cek nomor telepon siapa pakai aplikasi ini, kamu harus membayar. Tapi, kalau dibandingkan dengan layanan yang ditawarkan sesuai kok.

Ketika ada panggilan dari nomor telepon nggak dikenal, Trapcall bakal memberitahu info seputar pemilik nomor telepon tersebut. Aplikasi ini juga punya fitur Call Recording yang bisa kamu manfaatkan buat merekam percakapan dengan orang yang menghubungi via telepon.

Aplikasi Truecaller

Aplikasi Truecaller mod apk 2021
Aplikasi Truecaller mod apk 2021
Alternatif aplikasi cek nomor telepon siapa yang lainnya adalah Truecaller. Canggihnya, aplikasi ini bisa tahu siapa identitas pemilik nomor telepon yang barusan menghubungi kamu. Cara kerjanya adalah dengan menampilkan nomor kontak yang disimpan orang tersebut. Cara ini hampir sama dengan yang dipakai Get Contact.

Meski begitu, Truecaller punya keunggulan lain, yaitu bisa diakses secara online lewat situs resminya. Kabarnya, Truecaller ini mengklaim bisa mengidentifikasi nomor telepon milik orang nggak dikenal, telemarketer, atau panggilan telepon iseng lainnya yang menelepon ke nomor kamu.

Aplikasi Whatsapp

Kalau aplikasi yang satu ini pasti sudah nggak asing buat kamu. Selama ini Whatsapp memang dikenal sebagai aplikasi chatting terbesar di dunia. Tapi, tahukah kamu kalau Whatsapp juga bisa dipakai buat cek nomor telepon siapa. Lantas, gimana cara mengeceknya?

Kamu bisa mencari tahu identitas si pemilik nomor iseng dengan cara menyimpan nomornya terlebih dulu. Dengan menyimpan, kamu bisa mengecek identitas dan foto profil si pemilik nomor. Apakah nomor tersebut ada di satu grup chat yang sama dengan kamu? Kalau nggak, segera hapus nomornya dan blokir dari daftar kontak yang tersimpan di Whatsapp kamu.

Aplikasi Eyecon

Yang jadi keunggulan aplikasi ini dibanding aplikasi pelacak nomor iseng lain adalah bebas iklan meskipun aplikasinya bisa diunduh secara gratis. Untuk fitur-fiturnya sendiri hampir mirip dengan yang ada di fitur Get Contact atau Truecaller, yaitu buat melacak nomor telepon orang nggak dikenal.

Meski fitur yang ditawarkan tergolong standar, tapi aplikasi ini bisa menghubungkan semua akun medsos kamu, sehingga kamu cukup mengaksesnya lewat satu aplikasi saja.

Selain itu, kamu juga bisa mengatur foto profil dan nama kontak masing-masing nomor yang tersimpan sesuai dengan keinginanmu. Bahkan, kamu juga bisa mengontrol nama kontak kamu di kontak orang lain.

Baca Juga