Buah Manis Yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Buah Manis Yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes


Penderita diabetes adalah disebabkan meningkatnya kadar gula darah sehingga ada beberapa makanan yang harus dihindari, diantaranya adalah minuman manis yang mengandung gula. Lalu bagaimana dengan buah-buahan yang mengandung rasa manis?

Sebagian orang ada yang memiliki anggapan bahwa buah dengan rasa manis tidak baik di konsumsi oleh penderita diabetes. Namun ternyata anggapan tersebut tidak seratus persen benar, sebab masih ada beberapa jenis buah yang aman di konsumsi oleh penderita diabetes.

Buah yang aman di konsumsi oleh penderita diabetes adalah jenis buah yang memiliki indeks glikemik rendah. Buah dengan kategori tersebut tidak mungkin menyebabkan peningkatan kadar glukosa yang signifikan, sehingga masih aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Dan berikut adalah beberapa jenis buah tersebut.

1. Kurma

Berdasarkan dari beberapa penelitian kurma merupakan buah dengan indeks glikemik rendah yakni pada angka 44 dan 53, itu artinya kurma adalah jenis buah yang masih aman di konsumsi oleh penderita diabetes, namun dengan catatan tidak terlalu banyak atau berlebihan dalam mengkonsumsinya.

2. Pepaya

Beberapa penelitian sepakat bahwa pepaya merupakan salah satu jenis buah yang aman di konsumsi oleh penderita diabetes, selain indeks glikemik yang rendah hal ini disebabkan juga karena pepaya memiliki sekitar tiga gram serat atau setara dengan 17 gram karbonhidrat.

3. Pisang

Tak hanya aman di konsumsi oleh penderita diabetes, berdasarkan penelitian pada tahun 2010 pisang juga dinyatakan sebagai buah yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Sebab dengan mengkonsumsi buah pisang mampu menyerap karbohidrat dan memperlambat pencernaan.

4. Apel

Berdasarkan penelitian dan hasil riset yang dilakukan oleh beberapa pakar nutrisi menyatakan bahwa, sebagian besar wanita yang mengkonsumsi satu buah apel dalam sehari lebih jarang terkena atau berisiko terserang penyakit diabetes tipe-2. Panggalan buah apel yang sudah diolah juga bisa dijadikan sebagai solusi makanan cemilan sehari-hari.

5. Semangka

Saat musim kemarau semangka adalah merupakan salah satu buah yang sangat cocok dikonsumsi untuk melepas dahaga, apalagi jika disajikan dengan kondisi dingin. Namun apakah semangka termasuk buah yang aman untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes? Nyatanya selama ini tidak ada satu pun penelitian yang menyatakan bahwa penderita diabetes disebabkan oleh mengkonsumsi semangka.

6. Mangga

Mangga adalah buah yang mengandung rasa manis, sehingga banyak penderita diabetes yang ragu untuk mengkonsumsi. Akan tetapi ternyata mangga adalah buah yang banyak mengandung antioksidan dan berserat tinggi sehingga dapat meminimalisir gula darah. Mangga akan lebih nikmat jika disajikan dalam beruk jus mangga, namun bagi penderita diabetes sebaiknya jangan mencampur jus mangga dengan gula atau pun susu kental manis.

Itulah beberapa jenis buah yang memiliki rasa manis namun masih aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Namun sebagai catatan kamu juga tidak boleh terlalu banyak atau berlebihan mengkonsumsi. Dan jika tetap ragu dengan beberapa jenis buah yang aman dikonsumsi, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Selain mengkonsumsi buah-buahan kamu juga harus menerapkan pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit diabetes. Diantaranya adalah dengan melakukan beberapa kegiatan seperti dibawah ini.

  1. Rajin berolahraga setiap hari, baik itu dilakukan pada pagi atau sore hari.
  2. Berhenti merokok atau menghindari asap rokok.
  3. Menjaga berat badan agar tetap ideal.
  4. Tidak mengkonsumsi alkohol.
  5. Mengkonsumsi makanan yang bergizi dan mengandung serat tinggi.

Itulah ulasan tentang buah yang aman dikonsumsi penderita diabetes dan cara menerapkan pola hidup sehat. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *