Berkendaraan di Jalan Berlubang, Bagaimana Solusinya?

Berkendaraan di Jalan Berlubang, Bagaimana Solusinya?

Sebagian kondisi jalan di beberapa wilayah Indonesia memang tidak menentu, ada yang rata dan halus, bahkan ada juga yang berlubang disebabkan oleh kondisi tanah yang berubah akibat musim hujan. Sebab itulah kamu harus berhati-hati saat berkendaraan di jalan berlubang.

Kondisi tersebut tentu sangat berbahaya bagi pengendara mobil maupun sepeda motor. Selain bisa membuat ban bocor, hal tersebut juga bisa memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Saat menemui jalan berlubang sementara kendaraan sudah terlanjur dengan kecepatan tinggi, biasanya pengendara motor memilih untuk mengerem mendadak, menghindari lubang sebisa mungkin, atau menghantamnya dengan kodisi siap. Lalu bagaimana langkah sebaiknya yang harus kamu lakukan agar meminimalisir terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Untuk menyikapi hal tersebut memang sedikit sulit, harus mempertimbangkan kondisi lalu lintas pengendara yang lain, ketajaman lubang, dan kesiapan tangan saat menyetir.

Jika kamu memilih untuk menghindari lubang maka sebaiknya jangan sembarangan melakukan manuver baik itu ke kanan maupun ke keri. Pastikan terlebih dahulu bahwa tidak ada kendaraan yang sedang melaju di samping, sehingga kamu bisa dengan leluasa memindahkan laju kendaraaan.

Melakukan manuver memang bukan hal mudah, maka sebagai saran sebaiknya kamu sering-sering melihat sepion kendaraan agar mengetahui kondisi kendaraan yang ada didekatnya.
Begitupun jika kamu memilih untuk melakukan rem mendadak, pastikan terlebih dahulu bahwa tidak ada kendaraan lain dibelakan sepeda motor atau mobil yang sedang kamu kendarai.

Selanjutnya jika kamu memilih untuk tetap menerobos lubang, kamu juga harus mempersiapkan tenaga untuk mengendalikan stir. Sebab sangat dimungkinkan jika kendaraan yang melaju dengan kencang dan menerobos jalan yang berlubang kamu akan kehilangan kendali.

Trik berkendaraan di jalan berlubang

Dan berikut adalah beberapa trik agar kendaraan yang kamu kendarai terap tenang dan tidak terjadi laka lantas.

  1. Harus benar-benar konsentrasi dan padangan lurus ke depan. Jangan melihat kesamping atau terlalu fokus dengan lubang, sebab resiko yang akan kamu hadapi adalah setelah melewati lubang tersebut.
  2. Kondisi tangan dalam keadaan siap dan kuat menggenggam kemudi, usahakan siku tangan sedikit membuka.
  3. Posisikan paha untuk menjepit jok motor.
  4. Selanjutnya posisikan tubuh sedikit berdiri.

Itulah beberapa langkah agar tetap aman saat berkendaraan di jalan yang berlubang. Tatap waspada dan jangan terlalu kencang mengendarai kendaraan agar tetap aman dan terhindar dari kecelakaan.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *