Cara Cek Plagiat Terbaik Dengan Mudah

Cara Cek Plagiat Terbaik Dengan Mudah

Artikel atau sebuah karya hasil tulisan seorang penulis tentunya akan sangat dan lebih dihargai jika merupakan hasil asli dan bukan merupakan sebuah peniruan atau lebih terkenal dengan plagiarisme. Pada umumnya artikel atau karya tulis yang nyontek akan memiliki kualitas tidak bagus.

Dan para pembaca aktif mungkin akan mengetahuinya dengan mudah, dalam sebuah perusahaan artikel tentunya hal tersebut harus dihindari. Dalam artikel ini akan dijelaskan cara cek plagiat terbaik dengan langkah dan step mudah saja untuk diikuti.

Sebuah karya tulisan akan sangat dihargai atas kejujuran, keaslian dan kemurnian penulis dapat dilihat dari isi ditulis oleh seorang penulis.

Kualitas Tulisan Yang Buruk

Ciri pertama untuk memeriksa keaslian dari sebuah tulisan yaitu dengan melihat kualitas artikel itu sendiri. Karena akhir-akhir ini banyak ditemukan hasil pencarian internet sangat buruk. Banyak artikel copy-paste muncul di halaman awal Google.

Kebanyakan dari para pemilik website memiliki tujuan untuk mengejar traffic tinggi, tanpa perduli kualitas dari artikel dimuat.

Baca : VPS Murah Untuk Blogger

Adapun cara untuk menjaga kualitas artikel agar tetap bagus yaitu dengan menulis menggunakan gaya bahasa sendiri. Jadi ketika mencari artikel sebagai referensi, dapat diambil inti-intinya saja menurut kita penting dan dikembangkan dengan bahasa sendiri untuk menghindari gelar plagiat.

Cara lebih mudah untuk mendeteksi ada atau tidakya plagiarism dari suatu artikel atau sebuah karya yaitu dengan memeriksanya di situs atau aplikasi sudah marak tersedia di internet dan lumayan dapat dipercaya hasilnya.

Berikut ini beberapa situs gratis untuk cek plagiat :

  • Plagiarism Checker ( https://smallseotools.com/plagiarism-checker/ )
  • Plagiarisma ( http://plagiarisma.net )
  • Plag scan ( https://www.plagscan.com/plagiarism-check/ )
  • Duplichecker ( https://www.duplichecker.com )
  • Quetext ( https://www.quetext.com )

Cek Plagiat Pada Penulisan

Upaya untuk menghindari sebuah plagiarisme yaitu seorang penulis harus secara jujur mencantumkan referensi didapat dari karya orang lain seperti ide, poko bahasan, pengalaman, cerita, ungkapan, hasil riset atau penelitian dan lain-lain.

Cara lain agar tidak di ragukan oleh orang lain keaslian dari sebuah tulisan kita yaitu dengan benar-benar mengarangnya atau melalui sebuah riset dilakukannya sendiri baik dengan bantuan orang lain atau tidak.

Sebuah karya resmi atau formal pastinya akan lebih mudah di cek plagiarism nya dari pada sebuah artikel tidak formal karena banyak cara mudah tercantum di internet untuk memeriksanya. Salah satunya yaitu bisa dengan memeriksa daftar pustakanya.

Baca : Review IdCloudhost

Ada beberapa cara alternative yang dapat digunakan untuk menghindari plagiarism yaitu dengan mencantumkan tiga hal Kutipan (Quotation), Parafrasa (Paraphrase), Ringkasan (Summary).

Adakalanya diperlukan untuk mencantumkan sebuah kutipan terkenal ataupun tidak terkenal milik seseorang masuk kedalam bahasan dan isi dari artikel atau karya tulisan kita. Alasan lainnya yaitu:

  1. Sumber kutipan tersebut diperlukan untuk mendukung ide dan gagasan penulis dan membuktikan bahwa sebelumnya sudah ada menyampaikan atau menuliskan dengan gagasan serupa.
  2. Bisa menegaskan dan menjustifikasikan masalah ingin penulis sampaikan.
  3. Mengkritik atau menyetujui asumsi orang lain.
  4. Membangun argumen sendiri dengan asumsi atau pendapat sudah ada sebelumnya.
  5. Menggaris bawahi gagasan tertentu untuk di setujui atau di tolak.

Dari pembahasan diatas banyak dijelaskan mengenai cara menghindari plagiarisme juga dituliskan mengenai cara cek plagiat terbaik dengan mudah. Dapat Anda simpulkan sendiri menurut pemahaman dan pemikiran Anda.

Namun sangat disarankan bagi Anda aktif membuat sebuah karya atau tulisan artikel atau apapun itu harus sangat dihindari tindakan plagiat karena dapat merusak generasi dan dapat menurunkan kualitas tulisan Anda buat tentunya.

Banyak alat dan aplikasi virtual di internet telah tersebar dan mudah diakses dan senantiasa dapat diunduh oleh siap saja juga dapat digunakan untuk memeriksa tulisan Anda misalnya, jika ada terbukti tindak plagiat maka akan ada hukuman setimpal juga denda menanti, dan tentunya diatur secara resmi di pemerintahan.

Maka alangkah lebih baik agar anda lebih berhati-hati dan harus bersikap jujur terhadap apa dikerjakan.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *