Beberapa Cara Membuat Review Novel

Beberapa Cara Membuat Review Novel

Beberapa Cara Membuat Review Novel – Pasti sudah tau kan kalian jika novel adalah salah satu karya sastra yang bentuknya prosa. Apakah mereview salah satu karya satra ini penting? Hal ini akan membuat pembaca tertarik untuk membelinya saat sudah membaca review yang bagus yang sudah kita buat. Apalagi dalam konten ini kita memberi penjelasan yang rinci serta sesuai dengan apa yang dibutuhkan pembaca, maka sudah pasti akan banyak yang membelinya.

Cara Membuat Review

Oleh karena itu, konten yang seperti ini akan sangat membantu sekali orang yang bingung memilih novel yang bagus. Ada beberapa poin yang akan sangat membantu kita dalam membuat suatu review karya sastra.

Ya, bisa diibaratkan poin-poin ini menjadi suatu buku panduan yang praktis yang bisa kita buka kapanpun. Penasaran apa saja poin atau hal penting dalam membuat konten yang satu ini? Nah, berikut ini beberapa poin pembahasan yang penting dan harus dilakukan ketika melakukan ulasan novel.

Cara Membuat Review Novel yang Menarik

  1. Selalu mengawali dengan identitas serta gambaran cerita secara singkat.
  2. Memberikan informasi apa yang kita suka dari novel tersebut.

Untuk penjelasan dari poin-poin diatas, sebagai berikut.

1. Selalu mengawali dengan identitas serta gambaran cerita secara singkat

Cara membuat review novel yang pertama yaitu awali dengan mencantumkan identitas serta gambaran cerita secara singkat dari buku yang akan dibuat ulasannya, karena dengan menuliskan informasi identitas maka akan lebih mudah kita dalam menggali berbagai macam info didalamnya.

Kita bisa mencantumkan informasi yang paling mendasar, mulai dari nama penulis, penerbit, tanggal terbit, jumlah halaman dan masih banyak lagi yang bisa kita cantumkan.

Pasti setiap karya sastra ini ada synopsis di sampul belakang, maka cantumkanlah sinopsis tersebut dalam konten yang kita buat. Usai synopsis dimasukkan, barulah kita memberikan gambaran singkatnya mengenai karya ini.

Ada satu hal yang patut diingat, jangan sampai memberikan spoiler apalagi plot twist yang ada didalamnya. Dalam proses pembuatan review novel tersebut alangkah baiknya Anda telah membaca hingga tamat, namun jika tidak memiliki waktu karena tuntutan kerja cepat maka bisa bertahap dengan membaca per BAB kemudian ditulis reviewnya.

2. Memberikan informasi apa yang kita suka dari novel tersebut

Berikutnya kita harus fokus apa yang dirasakan serta apa yang kita suka saat membacanya. Apakah kita suka tokohnya, suasananya, penulisnya atau bagian akhir ceritanya. Atau bisa dilihat dari cara penulis dalam bercerita, menyenangkan, seru atau membosankan?

Untuk membantu kita ada beberapa pertanyaan yang akan memudahkan kita saat melakukan review buku. Salah satu misalnya siapa sih tokoh yang paling kita suka dalam cerita ini dan alasannya kenapa?

Ketika membaca suatu karya sastra, cobalah untuk menggambarkan tentang bagaimana teknik yang digunakan si penulis dalam menuliskan ceritanya. Jangan lupa bahas juga ide ceritanya, apakah ide cerita ini baru dan kita belum pernah membacanya atau ada kemiripan dengan cerita di novel lain?

Berikutnya kita bisa mencoba untuk menjelajahi tentang setting, apakah kita bisa membayangkan seolah-olah diri kita ada di tempat tersebut atau tidak. Cara membuat review novel yang terakhir, cantumkan juga tentang tokoh dan kejadian yang ada.

Bagi sebagian orang membaca novel merupakan sebuah hobi yang tidak dapat ditandingi oleh apapun, sipembaca seolah sedang masuk kedalam alur cerita buku yang sedang dia baca. Untuk itulah tidak jarang kita diharusnkan menulis review novel untuk membantu orang lain memahami seputar buku tersebut sebelum membaca secara keseluruhan.

Baca Juga