Cara Menghemat Biaya Saat Liburan Atau Travelling

Cara Menghemat Biaya Saat Liburan Atau Travelling

Menghemat Biaya Saat Liburan – Moment hari libur nasional seperti libur hari raya, tahun baru, natal, dan lain sebagainya tentu sangat menyenang jika dimanfaatkan untuk berlibur dengan keluarga. Apa lagi jika berlibur ke luar kota baik itu mengunjungi pantai atau pegunungan.

Bicara soal liburan tentu biaya menjadi faktor pertimbangan yang sangat penting. Saat kamu punya rencana untuk berlibur tentu jauh-jauh hari kamu sudah menyiapkan dana yang tidak sedikit, misalnya untuk keperluan transportasi, penginapan, tiket masuk wisata atau wahana, membeli makan, dan masih banyak lagi.

Banyak orang yang berpendapat bahwa, ketika akan berlibur ke suatu tempat rekreasi maka mereka harus siap kehilangan uang dengan jumlah cukup banyak. Namun jangan salah, ternyata ada beberapa tips atau cara untuk menghemat agar biaya liburan kamu tidak membengkak terlalu banyak.

Cara menghemat biaya saat liburan

Kamu ingin berlibut tanpa mengeluarkan biaya banyak? Tak perlu khawatir, berikut adalah tips atau cara berlibur tanpa terlalu banyak menguras isi dompet.

1. Mengatur keuangan

Jauh hari sebelum kamu berlibur sebisa mungkin menyisikan uang untuk ditabung, dan uang tersebut khusus untuk biaya liburan. Kemudian membuat semacam laporan keuangan, gunanya adalah untuk mengatur keuangan kamu saat liburan. Dengan seperti itu maka diharapkan dana berlibur kamu tidak membengkak terlalu banyak.

2. Memesan tiket jauh sebelum masa liburan

Jika kamu punya rencana tidak menggunakan kendaraan pribadi. Misalnya ingin mengunakan kereta api atau pesawat terbang maka sebaiknya pesan tiket jauh sebelum hari liburan. Harga tiket pesawat terbang saat bukan hari libur biasanya lebih murah, selain itu kemungkinan kamu juga tidak akan kehabisan tiket.

3. Penginapan

Selain trasportasi hal penting lainnya yang harus diperhatikan adalah tempat penginapan. Perhatikan harga hotel atau tempat penginapan yang akan kamu booking, usahakan cari yang paling murah namun tentu juga sesuai dengan kebutuhan kamu. Selain itu kamu juga bisa memanfaatkan kode promo yang biasanya tersedia di aplikasi booking hotel atau di aplikasi dompet digital. Jika ingin menginap gratis, kamu juga bisa mencoba untuk menginap di rumah saudara atau teman.

4. Makanan

Di tempat wisata biasanya harga makanan jauh lebih mahal, maka sebaiknya kamu terlebih dahulu makan dan membawa snack secukupnya sebelum memasuki area tempat wisata. Dan sebaiknya tanyakan terlebih dahulu harga makanan tersebut sebelum kamu memesannya, agar tidak menyesal ketika ternyata harga makan tersebut tidak sesuai dengan yang kamu harapkan.

5. Berlibur ketempat wisata yang murah

Keindahan alam Indonesia tidak diragukan lagi, baik di lautan maupun pegunungannya. Bagi kamu yang hobi travelling tentu sudah sangat familiar dengan beberapa nama tempat wisata, baik itu yang berbayar maupun gratis. Untuk kamu yang ingin menghemat biaya liburan cobalah kunjungi tempat wisata yang tiket masuknya tidak terlalu mahal, atau bahkan tanpa biaya seperserpun. Seperti di pulai Bali misalnya, beberapa pantai disana bisa kamu kunjungi secara gratis. Atau kamu jug bisa menikmati indahnya suasana gunung Semeru di Jawa Timur.

6. Memanfaatkan kode promo

Seperti yang sudah disinggung di atas, jika kamu ingin menghemat biaya saat liburan salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan kode promo. Kode promo tersebut biasanya tersedia di beberapa aplikasi seperti aplikasi transportasi online, booking hotel, dompet digital, marketplace, dan biasanya juga tersedia di kartu kredit.

Itulah pembahasan tentang cara menghemat biaya saat liburan ke luar kota. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *