Cara Membuat Review Buku Yang Tepat

Cara Membuat Review Buku Yang Tepat

Cara membuat review buku – Seperti yang kita tahu bahwa di luar negeri mereview sebuah buku memang bukan suatu hal yang asing lagi. Begitupun di Indonesia, tampaknya setelah hadirnya media sosial seperti instagram, review buku menjadi salah satu hal yang mulai digandrungi oleh kebanyakan orang terutama oleh kalangan muda saat ini yang cukup kritis terhadap hal tersebut.

Lalu apa sebenarnya tujuan dari review buku? Tujuannya sendiri memang cukup jelas yaitu untuk memberikan informasi kepada pembaca mengenai suatu hal yang ada dalam buku tersebut dengan tujuan untuk membuat pembaca penasaran. Review buku ini tentu sangat penting untuk pemasaran suatu produk tertentu.

Review sendiri memang belum mempunayi aturan bakunya hanya saja kamu harus mengikuti kode etik yang berlaku. Kamu tentunya harus mengingat bahwa tujuan mereview sendiri yaitu untuk membantu orang kebingungan memilih buku yang tepat dan bagus.

Tugas kamu tentunya hanya memberitahukan mengapa pembaca harus membaca buku tersebut jadi jika diambil kesimpulan review buku sendiri yaitu tentang bagaimana caranya kamu memberikan penjelasan yang rinci mengenai buku tersebut dengan tujuan agar pembaca tertarik dan membeli buku tersebut.

Cara Membuat Review

Lantas, Bagaimana Cara Membuat Review Buku?

Cara membuat review buku yang tepat memang tak semudah yang dibayangkan, ada banyak sekali hal yang harus diperhatikan agar buku yang kamu review tersebut mampu mengajak orang untuk membacanya, berikut ini cara membuat review buku yang harus diperhatikan dengan seksama:

1. Pertama, mulailah dengan melihat buku secara menyeluruh, dalam hal ini kamu jangan membacanya terlebih dahulu melainkan perhatikan dulu sampulnya dan hal lainnya.

2. Setelah kamu melihat buku secara keseluruhan, berikutnya yaitu mengetahui identitas yang terdapat dalam buku tersebut.

Disini kamu bisa memberikan informasi seperti penulisnya siapa, penerbitnya siapa, jumlah halaman buku tersebut, tanggal diterbitkan, nomor isbn, harga buku, genrenya, dimana kita bisa membelinya, profil dari penulis, atau kamu juga bisa menuliskan sinopsis yang tertulis di sampul belakang. Ingat, jangan sampai kamu spoiler berikan gambarannya saja.

3. Setelah dua hal diatas telah kamu perhatikan maka berikutnya yaitu menyusun framwork yang akan digunakan sebagai catatan. Pembuatan framwork ini tentunya sangat penting agar review kamu lebih sistematis atau tidak acak-acakan.

4. Membuat serta menjawab beberapa pertanyaan tentang buku yang direview misalnya buku ini bercerita tentang apa? Apa yang paling kamu sukai? Dan sebagainya.

Hal ini bisa kamu lakukan jika telah menyelesaikan 3 poin diatas.

5. Setelah itu, gambarkan tentang gaya menulisnya, kejadian, setting serta alurnya.

6. Berikutnya, tuliskan kalimat yang menjadi inti dari seluruh cerita di buku tersebut dan berikan nilai yang pantas untuk buku yang telah kamu review.

7. Terakhir, rekomendasikan buku sesuai dengan konteknya.

Penerapan Membuat Review

Setelah kamu membuat ulasan buku yang sesuai dengan tutorial diatas, maka sekarang kamu sudah bisa menerapkan untuk:

  1. review jurnal
  2. review buku (mulai dari cerita, hingga biografi)
  3. review artikel
  4. review film
  5. review literatur

Itulah cara membuat review buku tepat yang perlu kamu perhatikan. Jangan asal-asalan dalam mereview buku karena hal tersebut akan berakibat fatal. Selamat mencoba!

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *