Market Research dan Belajar SEO Terbaru Untuk Pemula

Market Research dan Belajar SEO Terbaru Untuk Pemula

Bagaimana membidik sebuah kata kunci yang akan kita gunakan untuk optimasi didalam website? Mari kita belajar seo terbaru untuk pemula, kenapa di dalam bisnis online kita perlu melakukan riset market terlebih dahulu karena tanpa melakukan market research kita tidak akan tahu berapa jumlah potensi pasar yang akan kita garap dengan melakukan.

Dengan melakukan market research ini kita akan tahu berapa jumlah potensi pasar bisnis yang mau kita kejar dan bahkan sampai kita tahu jumlah nilai uang yang beredar di pasaran ketika kita.

Menekuni sebuah bisnis kita harus tahu jumlah uang yang ada di pasaran itu berapa jumlah pencarian setiap bulan sehingga kita bisa menentukan pengembangan bisnis kedepan seperti apa baik apakah market research itu market riset adalah menentukan.

Belajar SEO 2020

Niche bagi anda yang pertama kali mendengar atau bagi anda yang sudah sering atau sudah eh mengetahui kita review sedikit lagi bahwa niche adalah target pasar yang ini dikuasai di jadi bidang garap, khususnya bagi kamu yang sedang belajar seo 2020 ini.

Apakah yang ingin kita kuasai dalam bisnis itu yakni niche potensi pasar itu memiliki jumlah market yang beda-beda, di setiap daerah, di setiap lokal tempat atau bahkan di setiap negara punya potensi yang berbeda-beda termasuk menentukan kata kunci.

Saya pernah melakukan sesuatu optimasi yaitu produk kerajinan eceng gondok salah menentukan kata kunci seperti eceng gondok dengan enceng gondok saja itu berpengaruh sangat besar terhadap jumlah kata kunci yang kita temukan nah bagaimana caranya akan kita bahas di chapter berikutnya.

Ketika ada potensial traffic yang didatangkan dalam satu niche tertentu ini juga kita tentukan tahapan awal untuk riset apa saja begini ketika kita punya niche tertentu terus menghitung jumlah trafik yang akan datang ke website kita jadi tanpa tahu jumlah trafik yang akan datang kita tidak mungkin mengejar sesuatu bisnis yang trafiknya tidak ada karakter bisnis yang dioptimasi lewat.

Bisnis yang mendatangkan trafik jadi kita harus tahu dulu jumlah trafik dan potensinya untuk dikembangkan menjadi sebuah bisnis, tiap niche ada kata kunci yang berpotensi mendatangkan trafik banyak, ada juga yang sedikit jadi kita harus memetakan.

Riset Kata Kunci

Kita memilih kata kunci, apa itu menentukan jumlah banyaknya client yang akan datang kepada bisnis kita ini sudah saya praktekan di beberapa bisnis yang saya optimasi.

Nah sangat penting bagi kita ketika masih pemula atau masih baru kita harus tahu kata kunci apa saja yang ada di dalam bisnis. Misalkan kita berbisnis di dunia event organizer maka seberapa banyak kata kunci yang dicari orang dalam keyword mencari jasa event organizer atau misalkan kita berbisnis di bidang sewa rental, maka kita harus tahu jumlah customer kita setiap bulan kita.

Pebisnis harus bisa mengkalkulasi berapa jumlah trafik yang akan datang ke website kita, kemudian traffic itu kita generate menjadi customer nah ini ada rasionya. Kalau pengalaman saya ketika kita tentukan jumlah pencarian misalkan, saya optimasi cctv tegal (misalkan) per bulan 100 orang mencari dan setiap bulan 100 itu akan kita konversi menjadi sepuluh persennya maka ada 10 client setiap bulan artinya 10 potensi pasar inilah yang bisa kita kembangkan.

Lanjut tujuan dari kita meriset kata kunci itu yakni untuk mengumpulkan ide atau dalam rangka kita memperkaya konten website kita kalau misalkan kita bisnisnya berbasis traffic kalau bisnis kita berbasis produk maka keyword ini menentukan seberapa banyak potensi pasar dan potensi uang yang kita bisa dapatkan melalui bisnis online itu.

Riset Website Kompetitor

Yang kedua mengetahui jumlah trafik yang tak datang ke website kita, kemudian tujuan riset kata kunci ini kita mengukur kompetitor teratas. Dalam belajar seo 2020 ini jelas saja kita harus tau siapa yang berkompetisi dengan web kita ini, jadi kita bisa jelas dalam memetakan pasar.

Kata kunci ini biasanya terdiri:

  • Kata kunci utama
  • Kata kunci turunan

Biasanya turunan ini sudah melokalisir suatu area tertentu atau suatu produk tertentu, misal:

  • CCTV Tegal
  • Jasa CCTV Tegal
  • Pemasangan CCTV Tegal

Atau bisa jadi melokalisir key word yang sangat spesifik, kemudian ada kata kunci yang dikuasai kompetitor nah kata kunci inilah yang harus kita bidik.

Sehingga di web kita nanti ketika kita optimasi maka akan menghasilkan trafik yang benar-benar bisa konversi menjadi pasar yang potensial. Kalau kita melakukan riset basic sangat dasar sekali biasanya tahapan pertama kita menggunakan google ada namanya google suggest atau google suggestion.

Google Suggest Tool

Suggestion istilahnya dalam bahasa indonesianya yakni rekomendasi dari google, contoh disini saya mengambil sampel misalkan kita mengetikkan jasa. Lalu tekan spasi begitu maka yang muncul pertama kali ada daftar kata kunci yang muncul.

google suggest 2020

Sementara ketika kita masukkan lebih spesifik lagi misal jasa seo jasa seo maka dia akan muncul:

  • jasa seo website
  • jasa seo purwokerto
  • jasa seo terbaik
  • jasa seo bulanan
  • dll

Nah kalau kita masukkan misalkan slawi ayu nah ini muncul nomor 1 nah ini yakni website partner kami yaitu www.slawiayu.com.

Ubersuggest Neilpatel

Kami juga sering menggunakan ubersuggest milik neilpatel, kalian bisa langsung membuka alamatnya di https://neilpatel.com/ubersuggest Untuk penggunaan tool seo 2020 ubersuggest silahkan dicoba-coba sendiri, karena kalian bisa menggunakan secara gratis disana.

Setelah kita berhasil melakukan riset pasar atau market research maka setidaknya website terbaik kamu memiliki peluang menduduki peringkat satu di mesin pencari google. Sampai disini dulu belajar seo 2020 kita, semoga bermanfaat.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *