Memahami Beberapa Fungsi Marketing Bisnis

Memahami Beberapa Fungsi Marketing Bisnis

Tujuan dari membangun sebuah bisnis tentunya ialah agar mendapatkan laba dari produk atau jasa yang diperdagangkan. Untuk mencapai tujuan tersebut maka sudah pasti dibutuhkan beberapa strategi agar produk atau jasa yang kamu tawarkan bisa laku di pasaran, dan itulah pentingnya memahami marketing bisnis.

Tanpa mengetahui pentingnya penjualan dalam sebuah bisnis maka roda perekonomian tidak akan berjalan, karena ekonomi ini bisa berputar karena adanya sebuah marketing (penjualan) didalam sebuah bisnis.

Baca juga : Cara Membuat Iklan di Facebook

Marketing dalam bisnis memiliki fungsi yang berbeda-beda, ada yang disebut sebagai fungsi perantara, fungsi pertukaran, dan fungsi distribusi fisik. Selain itu, ketiga dari fungsi tersebut juga memiliki peran yang berbeda-beda juga. Detailnya yakni seperti berikut ini.

1. Fungsi pertukaran

Yang dimaksud dengan fungsi pertukaran adalah ketika kamu dengan orang lain atau yang disebut konsumen bisa melakukan transaksi jual beli, yakni proses pertukaran antara barang yang kamu miliki dengan sejumlah uang atau barang dengan barang. Jika terjadi transaksi pertukaran barang dengan barang maka kamu bisa mengolah kembali barang tersebut, langsung dijual, atau dikonsumsi pribadi.

Yang pasti diantara semua itu memiliki nilai keuntungan, dengan adanya pertukaran ini maka perekonomian sudah mulai jalan.

2. Fungsi distribusi fisik

Fungsi dari marketing bisnis selanjutnya yakni distribusi fisik, ini juga tak kalah pentingnya dengan fungsi pertukaran. Fungsi distribusi fisik adalah strategi atau metode pengangkutan dan penyimpanan produk dari tempat produsen ke berbagai wilayah tujuan konsumen.

Jika pendistribusian produk dengan sekala wilayah yang luas biasanya tidak bisa hanya mengndalkan transportasi darat saja, kamu juga membutuhkan transportasi laut dan udara.

Sedangkan yang terkait dengan penyimpanan kamu juga harus memiliki trategi khusus. Secara sederhana perusahaan biasanya melakukan system pengendapan produk, agar jumlah pasokan selalu siap dan tersedia untuk di distribusikan ke konsumen ketika terjadi lonjakan minat masyarakat terhadap produk tersebut.

3. Fungsi perantara

Fungsi perantara juga sangat berpengaruh dengan fungsi sebelumnya yakni pertukaran dan distribusi fisik. Fungsi perantara adalah sebuah peran bagi pencari informasi, pembiayaan, dan pengelompokan produk agar sesuia dengan target penjualan dan calon pembeli.

Itulah gambaran secara sederhana tentang fungsi dari marketing bisnis. Berbicara soal marketing bisnis sebetulnya masih ada banyak hal yang perlu dibahas, seperti peran marketing dalam bisnis yang meliputi sales, promosi, riset dan pengembangan, implementasi, dan lain sebagainya.

Selalu pantau situs pastiin dulu untuk mendapatkan pengetahuan lebih mengenai marketing bisnis, semoga tulisan kami bisa membantu dalam perputaran ekonomi. Terimakasih.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *