Cara Merawat Printer Secara Mudah

Cara Merawat Printer Secara Mudah

Cara merawat printer – Saat ini printer merupakan salah satu perangkat keras pada bagian komputer yang mulai dibutuhkan banyak orang, baik itu untuk mencetak dokumen maupun yang lainnya. Bahkan printer juga salah satu bagian penting untuk menunjang kesuksesan bisnis.

Di era yang serba mudah seperti saat ini, printer juga bisa dimanfaatkan untuk mencetak foto maupun kaos. Khusus untuk mencetak kaos biasanya lebih sering dikenal dengan istilah DTG yakni kependekan kata dari Direct to Garment.

Namun sayangnya masih banyak pelaku bisnis yang menggunakan printer masih belum tahu bagaimana cara merawat agar printer tetap awet, atau paling tidak tentang cara memperbaiki printer secara sederhana.

Cara Merawat Printer

Tentu sangat sayang sekali jika kerusakan ringan pada printer harus diperbaiki menggunakan jasa orang lain, hal tersebut tentu akan menambah pengeluaran kamu. Agar terhindar dari kerusakan-kerusakan ringan, berikut adalah cara merawat printer yang benar.

Gunakan printer secara rutin

Pastikan printer setiap hari berfungsi, minimal gunakan satu kali untuk mencetak apa pun dalam satu hari. Sebab jika printer tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama di khawatirkan tinta akan sedikit mengering dan terjadi penyumbatan.

Gunakan printer sewajarnya saja

Salah satu penyebab printer mudah rusak adalah disebabkan oleh penggunaan printer yang terlalu banyak. Mesin printer juga butuh istirahat beberapa waktu, beri jeda saat kamu akan mencetak dengan jumlah yang banyak. Misalnya yakni ketika kamu akan mencetak sejumlah 100 lembar kertas maka sebaiknya jangan sekaligus sejumlah tersebut, kamu bisa memulainya dengan mencetak 25 lembar dulu dan begitu seterusnya.

Kualitas tinta printer

Untuk kualitas dan hasil cetak yang bagus sebaiknya kamu menggunakan tinta printer yang original, meskipun harganya lebih mahal. Selain itu dengan menggunakan tinta yang original juga mampu menjaga keawetan dari printer tersebut. Namun sebaliknya, jika kamu menggunakan tinta dengan kualitas kurang baik dikhawatirkan selang pada printer mudah tersumbat.

Perawatan pada selang infus

Agar printer tetap awet sebaiknya kamu lakukan pergantian selang infus secara berkala. Selang infus yang dibiarkan saja dalam waktu yang lama bisa mengakibatkan keras, sehingga menyebabkan pergerakan selang tidak stabil dan menimbulkan hasil print yang kurang bagus.

Itulah ulasan singkat tentang cara merawat printer dengan mudah.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *