Resep Membuat Sate Shas Madura

Resep Membuat Sate Shas Madura

Daging kambing maupun ayam memang bisa dimasak dengan berbagai macam bumbu dan olahan, salah satunya yakni dengan dijadikan sate. Di Indonesia sendiri banyak sekali berbagai macam sate dengan ciri dan khsanya masing-masing, selain sate kambing khas Tegal yang paling popular ialah sate ayam Madura.

Untuk sekedar membuat sate mungkin kamu sudah bisa, tapi terkait dengan sate khas Madura yang satu ini belum tentu semua orang bisa. Jika kamu berminat untuk membuat, berikut ialah resep membuat sate khas Madura dan cara mengolahnya mulai dari awal.

Cara atau resep membuat sate khas madura

Langkah pertama sebelum membuat sate khas Madura kamu harus sudah mempersiapkan bahan-bahan seperti berikut ini.

  • 500 gram daging
  • 2 buah jeruk limau
  • 150 ml kecap manis
  • 20 tusuk sate

D buah jeruk limau dan 150 ml kecap manis diatas adalah nantinya akan dibuat sebagai bumbu oles sate saat proses pembakaran, selain itu kamu juga bisa mencampurkan sedikit susu kental manis pada bumbu oles bakar sate khas Madura ini.

Jika bahan-bahan sudah kamu siapkan tahap selanjutnya yakni cara atau langkah untuk membuat sate khas madura.

1. Mamotong daging

Setelah daging siap silahkan kamu potong daging tersebut dengan bentuk yang susuai kamu harapkan. Sebagai saran sebaiknya potongan daging tidak terlalu besar agar hasilnya cepat matang dan lebih nikmat.

2. Bersihkan hingga bersih

Jika sudah selesai memotong daging silahkan kemudian cuci dengan air bersih dan mengalir, teliti kembali dan pastikan sudah tidak ada lagi kotoran pada daging tersebut. Tunggu hingga kandungan air pada daging sudah benar-benar sedikit.

3. Menyiapkan tusuk sate

Langkah selanjutnya adalah dengan memasukan daging tersebut ke tusuk sate yang sudah disiapkan, idealnya cukup di isi dengan 4 atau 5 potong daging saja. Seperti saran diatas ialah 500 gram daging untuk 20 tusuk sate.

4. Bungkus sate menggunakan daun pepaya

Selanjutnya ialah kamu harus mempersiapkan bumbu kacang dan bumbu oles bakar terlebih dahulu. Sementara itu sate yang tadi sudah kamu buat silahkan bungkus terlebih dahulu menggunakan daun papaya yang diremas. Biarkan selama beberpa menit hingga bumbu oles bakar selesai dibuat.

5. Proses pembakaran

Jika sudah maka sate siap untuk dibakar dan sesekali diberi bumbu oles. Agar hasil maksimal sebaiknya menggunakan arang yang terbuat dari batok kelapa. Jangan lupa untuk membolak-balikan dan usahakan api tidak terlalu besar.

Itulah tips atau cara membuat sate khas Madura yang enak, sate akan lebih nikmat jika segera disajikan ketika masih panas atau hangat, beri secukupnya bumbu kecap kacang yang sudah kamu buat. Untuk menambah kelezatan kamu bisa menaburkan bawang goreng diatasnya dan membuat irisan tomat serta bawang merah.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *