Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Tubuh

Jahe adalah jenis tumbuhan yang berasal dari Asia Tenggara, dan kemudian saat ini hampir bisa ditemui di semua negara. Selain menghangatkan tubuh , air rebusan jahe juga sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan.

Air rebusan dari jahe dan serai diyakini memiliki banyak manfaat, salah satunya yakni guna meningkatkan imun tubuh manusia sehingga diharapkan tubuh lebih kebal dari serangan berbagai virus, termasuk virus yang saat ini menyebar hampir diseluruh dunia yakni virus corona.

Kita tidak mengatakan bahwa mengkonsumsi jahe merupakan obat atau menangkal virus corona, namun yang kami jelaskan disini bahwa dengan mengkonsumsi jahe maka sistem imun dapat meningkat.

Manfaat Jahe Bagi Tubuh

Bagi sebagian orang, air rebusan jahe dan serai mungkin rasanya agak aneh. Namun jangan salah, selain memiliki manfaat seperti diatas air rebusan jahe dan serai juga memiliki banyak manfaat atau khasiat.

Namun ternyata ada beberapa tempat di Indonesia percaya bahwa wedang jahe dengan serai (daun sereh) bisa mengobati berbagai penyakit yang ada. Dan berikut ini beberapa contohnya.

Melegakan pernapasan dan tenggorokan

Kehangatan dari jahe terbukti mampu membuat tenggorokan kamu menjadi lebih terasa lega, pernapasan pun menjadi lebih lancar. Untuk kamu yang sedang terkena flu dan batuk air rebusan jahe dan serai sangat cocok dikonsumsi sebagai obat herbal.

Banyak yang telah membuktikan khasiat jahe yakni untuk mengobati flu dan batuk, hal ini disebabkan oleh rasa hangat yang mengalir di tenggorokan membuat hidung kita semakin membaik. Bahkan tidak jarang juga dengan meminum wedang jahe bisa melegakan tenggorokan yang diakibatkan oleh flu.

Menghilangkan rasa perih di perut

Bagi penderita asam lambung biasanya sering mengalami perut terasa perih. Sedangkan jahe memiliki kesamaan manfaat seperti kunyit, yakni mampu mengurangi rasa perih di perut dan memperlancar pencernaan. Tak hanya itu saja, jahe juga diyakini mampu mengatasi perut mual, flu, dan batuk.

Khasiat jahe merah dianggap dapat menghilangkan perih pada perut, ini menjadikan wedang jahe menjadi idola di warung angkringan pinggir jalan. Selain menghangatkan badan, tenggorokan enak, pernafasan lega, juga dianggap bisa menghilangkan perih perut.

Meningkatkan kualitas tidur

Berdasarkan beberapa penelitian terutama yang dilakukan oleh Memorial Sloan Kettering Cancer Center pada tahun 2015, menyatakan bahwa aroma yang keluar dari rebusan serai bermanfaat untuk meregangkan otot dan saraf yang tegang. Dan pada kondisi tersebut maka tidur kamu akan lebih lelap serta terbangun dalam kondisi yang sudah bugar.

Melindungi kamu dari kanker

Gingerol adalah merupakan kandungan yang terdapat pada tanaman jehe yang diyakini mampu mencegah terjadi kanker. Sebuah penelitian membuktikan bahwa beberapa ekor tikus yang diberi gingerol mengalami perkembangan tumor usus yang lebih lambat jika dibandingkan dengan tikus yang dibiarkan begitu saja.

Meningkatkan kesuburan pria

Untuk manfaat yang satu ini masih belum diketahui oleh banyak orang. Namun penelitian membuktikan bahwa antioksidan dan androgenik yang terdapat pada jahe mampu meningkatkan jumlah hormon, dan secara otomatis maka kesuburan pada pria pun semakin bertambah.

Sedangkan dari sudut pandang kepercayaan masyarakat Indonesia, memang benar bahwa jahe dipercaya bisa meningkatkan kesuburan pria dewasa. Mungkin karena masyarakat melihatnya dari efek panas tubuh yang terjadi setelah mengkondumsi jahe, sama seperti setelah memakan sate kambing yang juga dipercaya bisa meningkatkan vitalitas.

Itulah beberapa manfaat jahe terbaru April 2020, dengan adanya pembahasan ini diharapkan dapat memberikan sedikit informasi mengenai khasiat jahe. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *