Manfaat Ikan Lele Untuk Bayi Usia 6 Bulan

Manfaat Ikan Lele Untuk Bayi Usia 6 Bulan

Perlu Bunda ketahui bahwa ternyata banyak manfaat ikan lele untuk bayi, terutama bagi perkembangan sel otaknya. Kaya akan nutrisi dan protein membuat ikan lele menjadi salah satu pilihan bagi Bunda untuk menjadikan makan olahan bagi buah hatinya.

Akan tetapi yang perlu digaris bawahi bahwa mengolah ikan lele untuk menu makan buah hati sebaiknya dilakukan ketika bayi sudah memasuki usia 6 bulan. Sebab usia tersebut sistem pencernaan bayi masih belum berjalan secara optimal.

Cara yang paling tepat menyajikan makan untuk bayi usia 6 tahun adalah dengan menghaluskan ikan lele dan bubur yang kemudian disaring. Tekstur bubur dan ikan lele tersebut harus benar-benar halus. Namu mengingat kondisi anak terkadang berbeda-beda, bunda juga bisa mengkonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Selain memiliki banyak manfaat ikan lele juga tergolong salah satu ikan yang harganya tidak terlalu mahal, sehingga siapa saja bisa mengkonsumsi ikan lele. Dan di Indonesia sendiri ikan lele biasanya di budidaya menggunakan air tawar. Terkait dengan manfaat ikan lele untuk bayi, berikut adalah ulasan singkatnya.

Rendah merkuri

Beberapa lembaga penelitian menyatakan bahwa ikan lele aman dikonsumsi oleh siapa saja, baik orang dewasa maupun anak-anak. Selain itu ikan lele juga diyakini memiliki kandungan merkuri yang rendah, hal tersebut dikarenakan budidaya ikan lele dilakukan pada kolam air tawar, berbeda dengan beberapa ikan yang hidup di laut.

Kaya protein

Ikan lele juga diyakini memiliki banyak protein, dan ini sangat baik untuk masa perkembangan sel otak anak. Selain itu manfaat lain dari kandungan protein yang berada di ikan lele juga mampu menjaga daya tahan tubuh anak.

Mengandung omega-3

Ikan salmon maupun ikan tuna merupakan ikan yang memiliki kandungan omega-3, namun sayangnya ikan tersebut merupakan ikan dengan harga mahal. Akan tetapi bunda tidak perlu khawatir, sebab ikan lele ternyata juga memiliki kandungan omega-3 yang cukup tinggi. Omega-3 sangat bagus untuk perkembangan otak si kecil, dan menjaga beberapa sel dalam tubuh.

Kaya akan vitamin

Yang tak kalah menarik ikan lele juga memiliki banyak kandungan vitamin D dan B12. Vitamin D yang terkandung di ikan lele sangat bagus untuk pertumbuhan tulang anak, sedangkan kandungan vitamin B12 diyakini mampu memproduksi sel darah merah secara maksimal.

Itulah ulasan singkat terkait manfaat ikan lele untuk bayi, semoga informasi ini bermanfaat untuk Bunda.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *